Rumus Untuk Konversi Latitude – Longitude ke UTM

21 08 2010

// //

// Postingan ini untuk menjawab beberapa pertanyaan, baik yang ada di milis RSGISForum maupun via komentar di blog GIS ini. Rumus untuk melakukan konversi dari Latitude – Longitude (Lintang & Bujur) ke sistem proyeksi UTM yang bisa Anda download ini merupakan tulisan dari Steven Dutch dari University of Wisconsin.

Perhatian! Tidak seperti lintang dan bujur, tidak ada kerangka acuan fisik untuk UTM grid. Latitude ditentukan oleh sumbu kutub bumi. Longitude ditentukan oleh rotasi bumi. Tidak ada cara untuk menentukan koordinat UTM Anda kecuali dengan perhitungan. Referensi dasar untuk mengubah koordinat UTM dan geografis adalah US Geological Survey Professional Paper 1395 dan US Army Technical Manual TM 5-241-8 dimana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Untuk untuk melakukan konversi dari Latitude – Longitude ke sistem proyeksi UTM, rumus dari US Army Technical Manual TM 5-241-8 tampak lebih baik dengan notasi yang lebih konsisten dan lebih jelas, rumus di tata sedemikian sehingga lebih mudah untuk debug pada pemrograman komputer.

Selengkapnya tentang rumus untuk melakukan konversi dari Latitude – Longitude ke sistem proyeksi UTM bisa Anda download melalui link di bawah ini :

Download Rumus Untuk Konversi Latitude – Longitude ke UTM


Aksi

Information

One response

24 06 2011
Idham Chalid

tolong di berikkan rumus yang lebih sederhana bisa ga ya? skalian ma contoh perhitungan konversinya pa, biar lebih jelas. please!!!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: