DISABLE USB

8 12 2009

Setelah sekian lama mencari akhirnya berhasil juga melakukan disable USB flash Disk melalui Group Policy Object (GPO).

Ceritanya nih, kita lagi berjuang membangun benteng melawan penjajahan Virus, karena yang namanya virus itu benar-benar sangat merugikan baik waktu hingga UUD (ujung-ujungnya duit). Udah beberapa kali terpaksa harus lembur hingga larut malam demi memulihkan jaringan komputer di kantor, di kampus, dan juga di kos karena ulah si program jahat ini.

Meskipun telah memasang anti virus, peralatan firewall hingga mengaktifkan fasilitas file screening untuk memperkecil resiko serangan virus tapi masih saja sering kebobolan dan salah satunya melalui sarana USB Flash Disk.

Sayang seribu sayang, USB Flash Disk yang semula berfungsi sebagai alat bantu namun oleh beberapa orang yang tidak bertanggung jawab dimanfaatkan untuk media penyebaran virus.

Dengan alasan tersebut saya memutuskan untuk menutup semua fasilitas USB Flash Disk diseluruh komputer kantor, kecuali 1 komputer sebagai pintu gerbang pertukaran data dari dan ke dunia luar melalui USB Flash Disk, tentunya komputer ini harus mendapatkan extra pengawasan agar tidak berfungsi sebagai pintu gerbang penyebaran virus. Komputer kampus yang sangat multi user harus diamankan.

Browsing sana, browsing sini satu hari, dua hari hingga beberapa minggu akhirnya berhasil juga melakukannya melalui GPO. Awalnya ketemu caranya via setting registry, namun ini akan sangat melelahkan jika jumlah komputer yg akan di setting dalam jumlah besar, belum lagi kalo komputer tersebut harus install ulang, seringkali settingan2 seperti ini sering terlewatkan sehingga tidak efektif lagi dan ujung ujungnya virus masuk lagi…. capek deh …?

Berikut setting registry yang di perlukan untuk disable atau enable USB Flash Disk :

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet001\Services\USBSTOR]

Untuk Disable USB Flash Disk, ubah nilai DWORD start menjadi 4

Untuk Enable kembali, ubah nilai DWORD start menjadi 3

Sedangkan melalui GPO akan lebih ringan dilakukan sebab semua akan dilakukan secara otomatis oleh server dan juga efektifitasnya terjaga karena settingan akan selalu di refresh saat user login ke Active Directory (Domain) …. uenak tenan…!!

Berikut tahapan disable atau enable USB Flash Disk melalui GPO :

1. Download settingan custom file StorageControl.zip di sini (kecil kok cuman 1 Kb).

2. Extrak hingga menjadi StorageControl.adm

3. Import file tersebut kedalam GPO dengan cara buka menu administratif tools, group policy Managemen, pilih default domain control, click kanan pada menu popup yang mencul pilih edit.

4. Pada windows popup yang muncul (Group Policy Object Editor), pilih Computer Configuration, Administrative Templates, click kanan, pilih Add/Remove Templates, insert adm filenya dengan cara click Add, pilih file admnya.

4. Hasilnya akan ada tambahan Custom Policy Setting pada Administrative Templates

5. Pilih menu view pada windows Group Policy Object Editor, Click Filtering dan hilangkan tanda centang pada Only Show Policy Setting Than can be Fully Managed.

6. Lihat pada Restric Drive pada Custom Policy Setting, dan Tinggal aktivkan disable USB dll

GPO ini hanya akan mendisable fungsi USB Storage, sedangkan fasilitas USB yang lain seperti Mouse, Keyboard, Printer tetap bisa jalan dengan normal, kecuali Camera Digital karena di anggab sebagai USB Storage.

Selamat mencoba….!, Virus USB…? No Way….. semoga bermanfaat…..

MINING NEVER DIE


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: