Apa itu Geofisika ???

8 10 2009

Sebenarnya topik yang ingin ditulis pada kesempatan ini bukanlah mengenai ini(walaupun masih berhubungan dengan geofisika) tetapi saya berpikir kembali alangkah lebih baik sebelum menulis mengenai topik itu menuliskan garis besar, apa sih sebenarnya geofisika tersebut..

Geofisika, dari kata tersebut kita dapat mengetahui bahwa kata tersebut terdiri dari 2 kata yang digabung menjadi satu yaitu kata geo = bumi dan fisika yaitu ilmu yang melihat segala sesuatu dari sisi fisiknya.. Berarti kalo kita gabungan kedua kata tersebut maka pengertian geofisika adalah???? (ngacung!!!, hehehehehh). Yups, geofisika adalah cabang ilmu yang mempelajari all about bumi dari segi fisika-nya..

Sebelum dilanjutkan, bumi kita terdiri dari apa saja sih??? Secara garis besar bumi kita terdiri dari gas (atmosfer) yang sekarang ilmu yang mendalami itu adalah meteorology, cair dimana ini dibagi lagi air darat (hidrosfer) dan laut (oseanografi), fan bagian padat yang dikenal dengan geofisika. tetapi dulunya ketiga ilmu itu berasal dari satu nama yaitu geofisika. Dan yang akan dibahas sekarang ini adalah geofisikanya (bagian padat)…

Untuk mendukung ilmu geofisika tersebut maka ada ilmu lain yang berbarengan dengan geofisika tersebut selain KALKULUS, FISIKA yaitu Geologi (yang ini mah sering di denger ya????) Klo dalam perusahaan minyak dikenal dengan sebutan G&G or GGR (Geology, Geophysics, & Reservoir).. Untuk sekedar diketahui dengan ilmu geofisika inilah kita dapat “meneropong” isi bumi dari permukaan sampai inti bumi…

Dengan berlandaskan pada ilmu fisika dan didukung dengan ilmu kalkulus dan geologi maka seorang geofisikawan (baca geophysicist biar mudah) akan dapat mengetahui apa sih yang ada di bawah permukaan ini atau apa sih yang ada di dalam bumi kita ini..Baik dari yang dangkal ampe yang dalam….

Sebenarnya apa aja sih yang dipelajari oleh seorang geophysicist??? Yang dipelajari oleh seorang Geophysicist diantaranya ada bidang seismologi (yaitu all about earthquake), baik itu penyebabnya ampe prediksi yang ampe sekarang ini masih dikembangkan oleh para pakar (siapa yang pengen jadi profesor, kemungkinannya sangat besar nih !!!! HEHEHEH). Selain seismologi kita juga mempelajari
mengenai vulkanologi yaitu yang semua yang berhubungan dengan kegunungapian…Selain itu seorang geophysicist juga mempelajari mengenai semua methods yang dapat digunakan untuk eksplorasi baik itu minyak dan gas, batu bara, mineral dan barang tambang, air tanah juga. dan banyak lain aplikasi lainnya..

Metoda-metoda geofisika itu antara lain, metoda seismik yang sampai sekarang masih menjadi tools untuk mencari minyak dan gas bumi, selain itu metoda geolistrik yang bisa juga untuk eksplorasi oil&gas tetapi utk kedalaman yang dangkal, trus metoda gravitasi, metoda geomagnet, metoda Magnetotelluric (ini metoda baru juga nih). setelah itu metoda IP, misse ala masse, Self Potensial (yang masih ada kaitannya dengan geolistrik), Metoda VLF (ini juga dalam pengembangan nih), metoda GPR.

Dari semua metoda tersebut applikasinya dapat untuk, tadi utk eksplorasi oil&gas, mineral dan barang tambang, selain itu bisa juga untuk aplikasi ke bidang rekayasa seperti untuk teknik sipil, setelah itu juga bisa untuk pencarian air tanah dalam skala lebih besar, untuk ke bidang arkeologi juga bisa lho, trus untuk ke bidang lingkungan, geofisika juga bisa.

Mungkin itu aja dulu yang bisa saya share, semoga mudah untuk dimengerti. Insya 4JJI dilain kesempatan akan saya coba tuliskan untuk masing2 metoda dan bidang yang terkait dengan geofisika ini.. Klo ada yang mau nambahin juga ga apa2 kok…


Aksi

Information

One response

12 06 2014
Cape Town skylights

I’ve been browsing online more than three hours today, yet I never found any interesting article like yours.
It is pretty worth enough for me. In my opinion, if all site owners and bloggers made
good content as you did, the web will be much more useful than ever before.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: